Sabtu, 07 Februari 2015

BAB 2 (FUNGSI DAN PROSES KERJA BERBAGAI PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)


BAB 2
FUNGSI DAN PROSES KERJA BERBAGAI PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
           
A.   PETA KONSEP

 
B. FUNGSI KOMPUTER DAN PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN  KOMUNIKASI
A.    Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  -    Macam – macam peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya yaitu :
 1.    Komputer
   -   Komputer adalah peralatan elektronika yang mampu mengelolah data dan menghasilkan    informasi.
   -   Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan dan menghasilkan makna
   -   Informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk sesuai dengan keperluan tertentu.
 2.    Telephon
                           -   Kata telephon berasal dari kata tele ( jauh ) dan phone ( suara )
                           -   Adalah alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya berupa suara.
                           -   Di temukan oleh Alexander Graham Bell thn 1876 di Boston Massachusetts
                           -   Pada bln September thn 2001 telphon dikembangkan oleh Antonio Meucci dari Italia
                           -   Indonesia mempunyai 2 jaringan telphon nirkabel yaitu
                                > GSM ( global sistem for mobile telekomunikasi )
                                > CDMA ( code devision  multiple access )
                           -   Layanan internet pada telephon menggunakan :
                                > GPRS ( general pucket radio services ) kecepatannya 114 kbit/s
                                > UMTS ( universal mobile telekomunikasi sistem ) kecepatanya 384 kbit/s
                                > HSDPA  ( high speed downlink pucket access ) kecepatanya 7,2 Mbit/s.
  3.    Radio
                           -   Adalah tehnologi yang membolehkan pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang
                               elektromagnetik.
   -   Ditemukan oleh Nikolai Tesla tahun 1880
   -   Pada tahun 1894 secara formal radio dikenalkan oleh orang Italia bernama Guglielmo   Marconi
  - Cara kerja radio adalah dari gelombang suara diubah menjadi gelombang      elektromagnetik oleh mikrophone dan penguat audio.
4.   Telivisi
                              -    Adalah alat penangkap siaran bergambar.
                              -    Ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday thn 1831.
    -  Cara kerja telivisi adalah menerima gelombang elektromagnetik dan mengubahnya  menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat.
   5.    Jaringan
          A.   Adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang saling            berhubungan.
         B.  Jaringan komputer berdasarkan fungsi dan media transmisi :
1. Wireline adalah proses pengiriman informasi dengan perantara kabel.
  -  cara kerja : mengubah data digital menjadi data sinyal listrik kemudian dipancarkan   
                 ke tempat tujuan.
              -  kabel yang digunakan adalah kabel coaxial, twisted pair, dan serat optik.
              -  kartu yang digunakan adalah NIC/LAN.
              -  digunakan di ruangan / gedung.
                  > keunggulan : a. Transmisi data 10 – 100 Mbps
                                           b. Waktu koneksi antar komputer cepat
                                           c. Transmisi data berjalan lancar
                                           d. Biaya peralatan terjangkau
                  > Kelemahan : a. Penggunaan terbatas
                                           b. Waktu instalasi lama
                                           c. Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan permanen
                                           d. Biaya perawatan rutin
                                                    e.  Sulit untuk berpindah tempat.
                           2. Wireless adalah proses mengirimkan informasi dengan tanpa perantara kabel.
                               -  cara kerja : mengubah data digital menjadi data sinyal elektromagnetik kemudian
                                  dipancarkan ke tempat tujuan.
       -  penghubung menggunakan gelombang radio, sinar inframerah, bluetooth dan  
          gelombang mikro.
       -  Jaringan nirkabel digunakan didekolahan dan universitas.
            > Keunggulan : a. Mobilitas
                                      b. Kecepatan instalasi cepat
                                      c. Fleksibilitas tempat ( tempatnya fleksibel )
                                      d. Pengurangan anggaran biaya
  e. Kemampuan jangkaua
> Kelemahan :  a. Transmisi data 1 -2 Mbps
                                     b. Transmisi yang berbeda dapat mengganggu satu sama
                              lain
                         c. Biaya peralatan mahal
                                     d. Waktu koneksi yang besar
                                     e. Adanya masalah propagasi radio
                         f.  Keamanan data kurang terjamin
                         g. Sinyalnya terputus – putus
3. Modem adalah media elektronik untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
Modem ada 3 macam :
     1. Modem Dial – up ( modem telphon )
    cara kerja : modem ini menggunakan jaringan wireline ( ISP ).
     2. Cable Modem ( modem kabel )
cara kerja : menyerupai cara kerja network interface card ( NIC ) yang dipasang   pada komputer LAN
     3. Modem DSL ( digital subscriber line )
         cara kerja : menggunakan jaringan kabel telphon
     4. Satelit adalah proses mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa
                                     menggunakan konduktor kabel.
    C.   Jaringan dengan satelit
         1.     Perkembangan satelit
               -     Satelit 1-4 milik Inmarsat yang melayani komunikasi telephon bergerak, faksimile, dan data hampir diseluruh permukaan bumi.
                -      Satelit Globalstar memiliki 48 satelit. Orbitnya disebut LEO (low earth orbiting)
            -      Sebagian besar jaringan komputer menggunakan protokol komunikasi TCP/IP yang terpusat di nic.mil daerah Palo Alto, pantai barat AS.
         2.     Cara kerja satelit
                 -      Cara kerja menggunakan sistem konvensional yaitu dengan mengirimkan sinyal dari komputer dan direlai oleh satelit tanpa dilakukan pemrosesan dalam satelit.
                 -      Komponenen dasar dari transmisi satelit adalah
                        1.   Stasiun bumi, digunakan untuk mengirim dan menerima data
                        2.   Satelit, disebut dengan transponder.
                 -      Jangkauan frekuensi satelit adalah
                        1.   4 – 6 giga herzt disebut C – Band
                        2.   12 – 14 giga herzt disebut Ku – Band
                        3.   20 giga herzt
                 -      Kelemahan jaringan ini adalah keamanan
         3.    Internet dengan satelit
                 -      Kelebihan internet dengan satelit :
                        1.   Jangkauan yang luas antar benua
                        2.   Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan tinggi
                        3.   Pembangunan infrastukturnya relatif cepat
                 -      Kekurangan internet dengan satelit :
                        1.   Keamanan data kurang terjamin
                        2.   Peralatan yang sangat mahal.
                 -      Tiga komponen utama dalam konfigurasi  VSAT :
                        1.   Stasiun hub
                        2.   Satelit
                        3.   Terminal VSAT
     D. Jaringan komputer
-            Adalah sekumpulan komputer yang terhubung dan dapat berbagai sumber daya yang dimilikinya.
-            Jaringan komputer berdasarkan teknologi transmisi :
1.        Jaringan broadcast
Jaringan ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer / mesin yang terhubung pada jaringan ini secara bersama – sama.
2.    Jaringan point to point
Jaringan ini terdiri atas beberapa komputer / mesin yang sering kali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda.
-            Jaringan komputer berdasarkan area / luas wilayah / jarak :
1.    Jaringan LAN ( Lokal Area Network )
       -    adalah jaringan komputer yang masih berada dalam satu gedung  / ruangan.
       -    Keuntungan :
       -    Kekurangan :
       -    Contoh : jaringan di lab komputer dan kantor
2.    Jaringan MAN ( Metropolitan Area Network )
       -    adalah jaringan komputer yang mempunyai area kerja antar kota dalam satu provinsi.
       -    Keuntungan :
       -    Kekurangan :
       -    Contoh : Jaringan BRI di kota Solo terhubungan dengan jaringan di kota Sukoharjo.
3.    Jaringan WAN ( Wide Area Network )
       -    adalah jaringan komputer yang ruang lingkupnya antar provinsi / negara.
       -    Keuntungan :
       -    Kekurangan :
       -    Contoh : Jaringan bank ABN UMRO yang anak cabangnya di Indonesia.
4.    Jaringan Intranet
       -    adalah jaringan internet yang terdiri LAN dan WAN  yang di akses secara global
5.    Jaringan Internet
-       adalah gabungan jaringan LAN dan WAN yang berada di jaringan dunia sehingga membentuk jaringan lebih luas.
-            Jaringan komputer berdasarkan topologi ( bentuk ) jaringan :
1.        Topologi Jaringan Fisik adalah desain suatu jaringan komputer dengan melihat bentuk nyata pada posisi dan letak kode komputer, antara lain jaringan :
                                           a. Topologi Bus ( Linier )
                                           -    cara kerja : server dan client dihubungkan pada sebuah kabel ( kabel koaksial )
                                           -    keuntungan :
                                           -    kelemahan :
                                           -    gambar :
                                           b. Topologi Ring ( Cincin )
                                           -    cara kerja : jaringan berhubungan membentuk lingkaran
                                           -    keuntungan :
                                           -    kelemahan :
                                           -    gambar :
                                           c. Topologi Star ( Bintang )
                                           -    cara kerja : client dihubungkan ke server menggunakan konsentrator
                                           -    keuntungan :
                                           -    kelemahan :
                                           -    gambar :
                                           d. Topologi Tree ( Hieracly )
                                           -    cara kerja : kombinasi antara topologi star dan topologi bus, topologi bus sebagai  punggung
                                           -    keuntungan : - kontrol managemen lebih mudah
                      - mudah dikembangkan
                      - didukung hardware dan software dari perusahaan
                                           -    kelemahan :  - jika satu komputer rusak maka komputer lainnya ikut rusak
                     - tabrakan file
                     - memasang kabel sulit
                                           -    gambar :
                                           e. Topologi Mesh ( Web )
                                           -    cara kerja : jaringan satu sama lain menggunakan jalur ganda untuk Hub – Hub  utama sebagai jalur cadangan apabila ada masalah di jalur utama.
                                           -    keuntungan
                                           -    kelemahan :
                                           -    gambar :
2.   Topologi Jaringan Logika adalah desain jaringan komputer dengan melihat cara kerja jaringan  dalam mentransmisikan data antar komputer. Antara lain jaringan :
a.    Broadcast
cara kerja : mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya / dari satu host ke host lainnya dengan  metode FIFO ( first in first out ) yaitu data yang lebih dahulu masuk akan diproses lebih dahulu sebelum data baru masuk.
b.   Token passing
cara kerja : semua data yang ditransmisikan dari komputer / host pengirim akan berputar menempati semua komputer / host, ketika data memang diperlukan oleh komputer penerima maka data akan diproses dan bila data bukan yang diperlukannya maka komputer penerima / host akan mengabaikannya.
3.  Topologi Jaringan Fungsi adalah desain jaringan berdasarkan fungsi / kegunaannya terutama terhadap fungsi pelayanan data. Antara lain jaringan :
a.    Jaringan client server
adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa komputer dan pada salah satu komputer bertindak sebagai server dan yang lainnya sebagai client ( workstation )
b.   Jaringan peer to peer
adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer di mana setiap komputer dapat bertindak sebagai server atau bertindak sebagai client.
                            -       Teknik jaringan sinyal dalam jaringan :
                                      a.  Teknik Baseband
adalah teknik dalam pengiriman sinyal digital dimana transmisi data / paket yang digunakan bersifat bidirectional yang digunakan pada jangkauan pendek dengan topologi bus. Menggunakan kabel standar IEEE.
b.    Teknik Broadband   
adalah teknik dalam pengiriman sinyal analog dengan frequensi division multiplexing  ( FDM ). Menggunakan jaringan TV.
                            -       Metode transmisi jaringan :
                                  a.    Unicast adalah metode transmisi satu ke satu dalam suatu jaringan. Menggunakan metode IP.
                           b.       Multicast adalah metode transmisi yang digunakan untuk ke beberapa tujuan tetapitidak harus kepada semua host atau komputer.
                                 c.    Broadcast adalah metode transmisi jaringan yang dikenal dengan metode transmisi satu ke semua.
                            -       Prinsip komunikasi
                                    -    Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain sehingga terjadi pengertian yang sama.
                                    -    Komunikasi data adalah transmisi data elektronik melalui beberapa media.
                                    -    Jaringan komunikasi data adalah beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang dihubungkan oleh beberapa jenis saluran komunikasi sehingga menjadi suatu kesatuan yang tunggal.
                                    -    Fungsi sistem komunikasi data :
                                        a.     Memberikan informasi dengan tepat dan akurat
                                        b.     Sistem komunikasi memiliki data lengkap sebelum data tsb dibuat
                                        c.     Sistem komunikasi data memungkinkan semua orang di daerah lain dapat saling berkomunikasi.
                                    -    Komponen dasar sistem komunikasi data :
                                        a.     Sumber komunikasi
                                        b.     Media komunikasi
                                        c.     Penerima (sink/host)
                                    -    7 lapisan OSI :
                                        a.     Lapisan fisik, kabel listrik beserta rumusan besaran elektrik lainnya
                                        b.     Lapisan link data, lapisan yang mengatur arus bit antar peralatan komunksi
                                        c.     Lapisan jaringan, lapisan yang membawa paket bit ke tujuan
                                        d.     Lapisan transport, lapisan yang menjamin transportasi data
                                        e.     Lapisan sesi, lapisan yang menangani persiapan,pengolaan,pemutusan antar aplikasi
                                        f.     Lapisan presentasi, lapisan yang menangani pengubahan representasi data
                                        g.     Lapisan aplikasi, lapisan yang menangani pengaksesan pemakai
                                   -    Protokol jaringan komputer fisik  :
                                        1.     Ethernet fungsinya untuk metode akses yg disebut CSMA/ CD
                                        2.     Localtalk fungsinya untuk metode akses yg disebut CSMA/ CD melalui port serial dan twisted  poir
                                        3.     Token Ring menggunakan lingkaran token seperti cincin
                                        4.     FDDI ( fiber distributed data interface ) adalah protokol jaringan dengan metode akses model token.
                                        5.     ATM ( asynchronous transfer mode ) adalah protokol jaringan yang berbentuk gambar / video dan audio.
                                        6.     TCP / IP ( transmision control protocol / internet protocol ) fungsinya mengawasi pengiriman data
                                        7.     IPX / SPX fungsinya untuk jaringan berskala kecil / besar
                                        8.     UDP  ( user datagram protocol ) fungsinya tidak melakukan pengecekan dalam pengiriman data
                                        9.     Apple  talk fungsinya khusus menggunakan Apple Mac OS
                                        10.   FTP ( file transfer protocol ) fungsinya untuk mentransfer file
                                        11.   POP ( post office protocol ) fungsinya untuk mengambil file dari server
                                        12.   RIP ( routing informasi protocol ) fungsinya untuk routing
                                        13.   DNS ( domain name service ) fungsinya untuk memetakan alamat IP
                                        14.   MIME ( multipurpose internet mail extention ) fungsinya untuk mengirim file dalam bentuk teks
                                        15.   SMB ( server message block ) fungsinya untuk mengirim file dalam bentuk Dos dan Windows
                                        16.   NFS ( network file sistem ) fungsinya untuk sharing file
                                        17.   HTTP ( hyper text transfer protocol ) fungsinya untuk web browsing
                                        18.   NNTP ( network news transfer protocol ) fungsinya untuk mengirim dan menerima new group
                                        19.   DHCP ( dynamic host configuration protocol ) fungsinya untuk distribusi nomer IP
                                        20.   TELNET ( network terminal protocol ) fungsinya untuk remote login pengguna jaringan
                                        21.   SMTP ( simple mail transfer protocol ) fungsinya untuk mengirim e – mail
                                        22.   TFTP ( trivial FTP ) fungsinya untuk mentransfer file dalam jaringan
                                        23.   SNMP ( simple network management protocol ) fungsinya untuk mengelolah jaringan
                                        24.   RPC ( remote procedure call ) untuk memanggil jarak jauh
                                        25.   NETBIOS ( network basic input output sistem ) fungsinya untuk protocol standart dalam  jaringan
                                        26.   SOCKET fungsinya untuk protocol yang digunakan BSD – Unix
                                        27.   ICMP ( internet control message protocol ) fungsinya untuk menangani pesan dan menstabilkan jaringan.
                                        28.   ARP ( address resolution protocol ) fungsinya untuk mendapatkan informasi hardware nomor IP
                                        29.   SLIP ( serial line internet protocol ) fungsinya untuk protocol sebagai sambungan port serial
                                        30.   PPP ( point to point protocol ) fungsinya untuk protocol point to point       
                             -      Perangkat keras (hardware) jaringan komputer :
                                    a.  NIC
                                        -       Ethernet card ( PC menggunakan kartu ethernet )
                                        -       Localtalk connector
                                        -       Token ring card
                                    b.  Hub/konsentrator
                                    c.  Kabel
                                        -       Twisted pair (terbuat dari tembaga dengan 8 pasang)
                                        -       Koaksial
                                        -       Kabel fiber optik (kecepatan cahaya)

                                    d.  Konektor
                                        -       Straight cable (menghubungkan workstation komputer dengan hub)
                                        -       Crossover cable (menghubungkan client dengan client lainnya tanpa hub)
                                    e.  Repeater fungsinya sebagai penguat sinyal dari kabel
                                    f.  Bridge fungsinya membagi sebuah jaringan menjadi 2 jaringan
                                    g.  Router fungsinya menghubungkan jaringan LAN dengan internet
                            -      Perangkat lunak (software) jaringan komputer :
                                    a.  NetMeeting fungsinya sebagai media komunikasi dalam berkirim pesan dan mentransfer file
                                    b.  Fax Modem
                                    c.  E-mail
                                    d.  Chat
                                    e.  Net Send (dijalankan melalui command prompt, jaringan LAN peer to peer)
                                    f.  mIRC fungsinya untuk komunikasi dalam jaringan luas.
                            -      Memilih IP Addres :
            Kelas                  Kelas
Range
A
0 – 127
B
128 – 191
C
192 – 223
D
224 – 239
E
240 – 254
                   
-          Konvergensi adalah kemampuan peralatan teknologi informasi yang dapat digunakan pada berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya.
-          Fungsi komputer adalah
1. sebagai media informasi
2. sebagai media komunikasi
3. sebagai media transaksi
4. sebagai media hiburan
5. sebagai media Education

B.     Proses kerja komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
-          Proses kerja komputer mengalami siklus yaitu input – proses – output secara berulang
-          Input yang diproses oleh komputer adalah bilangan biner yaitu bilangan 0 dan 1
-          ISP adalah penyedia jasa layanan akses internet, diantaranya : Indosatnet, telkomnet, wasantaranet, mynet, CBN dan linknet.
-          Layanan telkom disebut telkomnet@instan.

C.     Elemen sistem komputer
-          Hardware adalah peralatan komputer yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah
-          Software adalah program yang berisi intruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data
-          Brainware, ada 5 :
> Data entry tugasnya memasukkan data yang pekerjaannya berulang – ulang. contoh kasir
                      swalayan
                   > Operator tugasnya memasukkan data dan mengolahnya hingga menjadi informasi. Contoh
                      operator bagian akuntansi                 
                   > Programmer tugasnya membuat program.
                   > Analisis sistem tugasnya menganalisis out put. Contoh konsultan web
                   > Computer engineer / maintenance tugasnya merawat dan menjaga mesin.

D.    Data, informasi dan siklus informasi
1.      Data dan informasi
-    Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan dan menghasilkan makna
-    Informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk sesuai dengan keperluan tertentu.
-    Syarat – syarat tentang informasi yang baik dan lengkap adalah
     1. Informasi harus tersedia (availability)
     2. Informasi harus mudah dipahami
     3. Informasi harus relevan
     4. Informasi harus bermanfaat
     5. Informasi harus tepat waktu, dll
-    Cara pengolaan informasi :
     1. Pengolaan informasi manual dengan sempoah
     2. Pengolaan informasi mekanis dengan mesin register
     3. Pengolaan informasi elektrik dengan kalkulator
     4. Pengolaan informasi elektronik dengan komputer

2.      Siklus informasi

                        DATA                                                                                     INFORMASI
 


                        INPUT                                                PROSES                                     OUTPUT                           




B.       PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A.    Pengertian teknologi informasi dan komunikasi
-          Teknologi informasi adalah setiap rekayasa manusia berkaitan dengan proses penyampaian informasi agar saling mempengaruhi
-          Teknologi komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi agar lebih cepat sampai, luas jangkauan dan lama penyimpanannya.
-          Teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang  
                   mengandung pengertian luas,yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,    manipulasi, pengelolaan dan pemindahan informasi antarmedia.

B.     Sejarah perkembangan komputer
     -      Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare artinya menghitung.
     -      Komputer ditemukan oleh John V. Atanasoff  tahun 1942.
     -      Definisi komputer menurut ahli :
            1. Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
                       informasi input digital.
                   2. Jhon J. Longkutoy, komputer adalah alat pengolah data tetapi penanganannya harus
                       ditangani oleh ahlinya.
                   3. Fuori, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar
                       secara cepat, termasuk aritmatika dan logika tanpa campur tangan manusia.
                   4. Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas
                       yaitu menerima input, memproses input, menyimpan dan menyediakan out put dalam
                       bentuk informasi.
-           Penemuan yang berperan terhadap perkembangan komputer :
1.      Abacus
-     Abacus sebagai alat hitung manual pertama di dunia
-     Abacus ditemukan sekitar 5000 thn yang lalu
-     Abacus awalnya berasal dari mesir
-     Abacus juga disebut dengan sempoah    
2. Pascaline
     -      Ditemukan oleh Blaise pascal thn 1623 – 1662 ( ahli filosofi dan matematika )
-      Alat ini dinamakan pascaline karena menggunakan roda penghitung untuk  menjumlahkan suatu bilangan
-      Kelemahan alat ini adalah apabila rusak tidak dapat diperbaiki.
3. Difference Engine
-      Ditemukan oleh Charles Babbage thn 1792 – 1871
-      Alat ini ditemukan pada waktu babbage menganalisis analytical engine
4. Punched Card
     -      Ditemukan oleh Joseph – Marie Jacquard thn 1752 – 1834 kebangsaan Perancis
     -      Awalnya berupa alat tenun ditemukan thn 1801
     -      Punched card disebut juga dengan kartu berlubang
     -      Programmer pertama adalah Lady  Ada Augusta Lovelace
5. Hollerith (pemroses data otomatis)
     -      Ditemukan oleh Hollerith thn 1890 ( ahli statistik )
     -      Perusahaan yang didirikan oleh Hollerith adalah Tabulating Machine Company
     -      Pada thn 1911 Tabulating Machine Company diganti namanya menjadi Computing-Tabulating-Recording Company
6. Electromechanical accounting machine
     -      Computing-Tabulating-Recording Company menemukan printer yaitu lister.
     -      Pada thn 1924 Computing-Tabulating-Recording Company diganti namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM)
     -      Produk EAM ( electromechanical accounting machine ) yaitu punch card, verifier, reproducer, summary punch, interpreter, sorter, collator, calculator dan mesin akunting.
 -     Alat pengolah data sejak zaman purba sampai sekarang ada 4 yaitu
       1.  Peralatan manual yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dengan  menggunakan tenaga tangan manusia sebagai faktor utamanya
       2.  Peralatan mekanik yaitu peralatan yang digerakan dengan tangan secara manual, peralatan dalam bentuk mekanik
       3.  Peralatan mekanik elektronik yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik
       4.  Peralatan elektronik yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik seluruhnya.
-      Penggolongan komputer berdasarkan data yang diolah, penggunaan, kapasitas dan generasinya adalah
       1.  Komputer berdasarkan data yang diolah :
a. Komputer analog yaitu komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan keadaan fisik.
b. Komputer digital yaitu komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan dalam kondisi benar dan salah dengan  menggunakan bilangan binary.
c. Komputer Hibrid yaitu hasil penggabungan sistem komputer analog dengan komputer
                            digital.
2.      Komputer berdasarkan penggunaanya :
 a. Komputer untuk tujuan khusus
misalnya komputer pada rumah sakit, komputer pada alat kedokteran, dll
b. Komputer untuk tujuan umum
misalnya PC
3.      Komputer berdasarkan kapasitas dan ukuranya :
a.   Komputer mikro, komputer yg digunakan untuk memenuhi kebutuhan personal dalam
 memproses data.
      b.   Komputer mini, komputer yg kapasitasnya lebih unggul dari komputer mikro.
      c.   Komputer kecil
      d.   Komputer menengah
      e.   Komputer besar
      f.    Komputer super, komputer yg memiliki kecepatan dan kemampuan menyimpan data
 yang sangat tinggi
4.      Komputer berdasarkan generasinya :
a.       Komputer generasi pertama (1946 - 1959)
-        Komponennya terbuat dari vacuum tubes, ukurannya besar
-       Beberapa komputer pada generasi ini :
1.        Komputer Z3 diciptakan oleh Konrad Zuse thn 1941, digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
2.        Komputer Collosus diciptakan thn 1943 di Inggris, digunakan untuk memecahkan kode rahasia.
3.        Komputer Kalkulator Elektronik diciptakan oleh Howard Aiken.
4.        Komputer Mark I yaitu komputer relai elektronik.
5.        Komputer ENIAC (electronik numerical integrator and computer) diciptakan oleh John Presper Eckert (1919 – 1995) dan John W. Mauchly (1907 – 1980), komputer ini terdiri 18.000 tabung, 70.000 tesistor, dan 5 juta titik solder.
6.        Komputer EDVAC (electronik discrete variable automatic computer) diciptakan oleh John Von Neumann (1903 – 1957), komputer ini menggunakan memori untuk menampung data dan program.
7.        Komputer UNIVAC I (universal automatic computer I) diciptakan oleh Remington Rand.
b.      Komputer generasi kedua (1959 - 1964)
-       Komputer generasi ini ditandai dengan menggunakan transistor, bentuknya kecil, lebih cepat dan lebih hemat biaya thn 1956.
-       Beberapa komputer generasi ini :
1.    Komputer Stretch dibuat oleh perusahaan IBM.
2.    Komputer LARC dibuat oleh Sprery – Rand.
3.    Komputer 1620 dan 1401 dibuat oleh perusahaan IBM.
-       Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan – singkatan untuk menggantikan kode biner.
-       Bahasa pemrograman yang muncul adalah bahasa COBOL dan FORTRAN
c.       Komputer generasi ketiga (1964 - 1970)
-       Komputer ini menggunakan IC (integrated circuit) dan Semikonduktor.
-       Beberapa komputer generasi ini :
1.    Komputer PC – XT
2.    Komputer PC – AT 286, 386
d.      Komputer generasi keempat (1979 - sekarang)
-       Komputer  ini sudah dilengkapi dengan teknologi LSI (large scale integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam sebuah chip. Teknologi VLSI (very large scale integration) yang mampu menyatukan ribuan komponen dalam sebuah chip. Teknologi ULSI (ultra large scale integration) yang mampu menyatukan jutaan komponen dalam sebuah chip.
-       Bentuk komputer ini sangat kecil. Contohny PC.
-       Beberapa komputer generasi ini :
1.    Komputer PC – AT 486
2.    Komputer Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
3.    Komputer Athlon
4.    Komputer AMD K6
5.    Komputer Pentium Mobile
6.    Komputer Core Solo, Core Duo, Core 2 Duo, Core 2 Quad
e.       Komputer generasi kelima
-       Komputer generasi ini dapat menyelesaikan lebih dari satu tugas pada satu masa.
-       Komputer ini dapat bertindak dengan mengeluarkan suara melalui sebuah mikrofon yang dinamakan kecerdasan buatan.
-       Beberapa komputer generasi ini :
1. Robot Asimo
2. Komputer fiksi HAL 9000 (dari novel karya Arthur C. Clarke, berjudul “2001: Space Odyssey”)
-       Nama lembaga pada komputer generasi ini adalah ICOT (institute for new computer technologi)


C.       PERANGKAT KERAS KOMPUTER
A.    Diagram komputer secara umum
-          Komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari : keyboard, CPU, monitor dan printer.
-          Diagram komputer :

Peralatan Input :
·       Keyboard
·       Mouse
·       Scanner
·       Kamera digital,dll

Peralatan Pemrosesan :
·       CPU
·       CU
·       ALU
·       Memori

Tempat Penyimpanan :
·       Harddisk
·       Disket
·       CD/DVD
Peralatan Output :
·       Monitor
·       Printer
·       Plotter
·       Speaker

 


B.     Perangkat keras dan fungsinya
-          Komponen dalam komputer (komputer berdasarkan fungsinya) :
1.      Input devices yaitu perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer.
-     Macam – macam Input Devices :
      a.   Keyboard
            -     Keyboard berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus sebagai media user.
           -      Diciptakan oleh Christopher Latham thn 1868 – 1887 diproduksi oleh perusahaan Remington.
           -      Pada thn 1973 keyboard Qwerty menjadi keyboard Standar ISO.
           -      Jenis keyboard : Qwerty, Dvorak, Klockenberg
           -      Keyboard Qwerty ada 4 :
                  1.   Typewriter key (tombol alfabet dan tombol lainnya)
                  2.   Numeric key (tombol angka dan arrow key (anak panah))
                  3.   Function key ( tombol F1 – F12 )
                  4.   Special function key ( tombol Ctrl, Shift dan Alt )
      b.  Mouse
      c.   Touchpad (pointing stick dan trackball)
      d.  Light pen : pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen.
      e.   Joystick dan games paddle
      f.   Bercode
      g.  Scaner
      h.  Kamera digital
      i.   Microphone dan headphone
      j.   Graphics Pads

2.  CPU devices yaitu pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data.
     -      Macam – macam CPU devices :
            a.   ALU (aritmatika logical unit) fungsinya memproses data angka dan logika
                 -      Operator logika yaitu
·           Sama dengan (=)
·           Tidak sama dengan (< >)
·           Kurang dari (<)
·           Kurang atau sama dengan dari (< =)
·           Lebih besar dari (>)
·           Lebih besar atau sama dengan dari (> =)
            b.  CU (control unit) fungsinya mengontrol proses pada komputer
                 -      Tugas dari CU adalah
·           Mengatur dan mengendalikan alat input dan output
·           Mengambil instruksi dari memori utama
·           Mengambil data dari memori utama
·           Mengirim instruksi ALU
·           Menyimpan hasil proses ke memori utama
            c.   Memory fungsinya untuk menyimpan data pada proses aplikasi program
            d.  Motherboard yaitu papan sirkuit elektronik CPU
            e.   Peralatan proses (Prosesor, Register, Cache memory, ROM)
3.  Strorage devices yaitu perangkat yang berfungsi sebagai penyimpan data dan penyimpan
hasil pemrosesan CPU.
-      Macam – macam Storage devices :
                  a.  Memori Internal :
                          - ROM ( read only memori ) fungsinya penyimpanannya permanen
                          - RAM ( random acces memori ) fungsinya penyimpanannya tidak permanen
                  b.  Memori Eksternal
                          - Harddisk (120 GB)
                          - CD – ROM (650 – 700 MB)
                          - DVD – ROM (4,7 GB)
                          - Floppy disk (1,44 MB)
                          - Flashdisk (32 MB – 4 GB)
                          - Flash memori
           -      Perhitungan satuan byte :
       a.   1 byte              =  8 bit
       b.  1 kilo byte       = 1024 byte
       c.   1 mega byte     = 1024 kilo byte
       d.  1 giga byte      = 1024 mega byte
       e.   1 terra byte      = 1024 giga byte
       f.   1 peta byte      = 1024 terra byte
Bila harddisk berukuran 40 GB, berapa kilo byte kah harddisk tsb ?
40 x 1024 x 1024 = 41.943.040 kilobyte
      

4.  Out put devices yaitu perangkat pelengkap komputer untuk menampilkan dan   mengeluarkan hasil proses kerja komp.
                        -      Macam – macam out put devices :
                               a.   Monitor
                                    1. Monitor CGA (resolusi rendah, 4 warna)
                                    2. Monitor EGA (16 warna)
                                    3. Monitor EPGA (256 warna, disebut monitor PEGA)
                                    4. Monitor VGA (digunakan sekarang ini, jutaan warna)
                                    5. Monitor LCD (disebut soft copy)
                               b.  Printer
                                    -   Printer dibagi 3 :
                                         1. Dot matrix : printer yang proses pencetakanya menggunakan jarum dan biasanya menggunakan pita. Contoh : epson LX-300, epson LX-800.
                                         2. Ink jet : printer yang proses pencetakanya cepat dan menggunakan tinta dengan cara disemprot. Contoh : HP-Deskjet, Bubble jet.
                                         3. Laser jet : printer mirip mesin foto copi. ( ciri : menggunakan tinta toner, mempunyai kecepatan tinggi, suara tidak bising)
                                    -   Printer berdasarkan alat mekanik :
                                        1.  Impact ( menggunakan jarum, pita karbon. Contoh : daisy wheel printer, chain printer, band printer, dan drum printer )
                                        2.  Non impact ( menggunakan mekanik yaitu menyemprot. Contoh : printer laser dan ink-jet).
                               c.  Speaker
                               d.  Plotter yaitu printer besar
5.  Periferal (perangkat tambahan)
     1.    LAN card
            -    disebut juga dengan NIC
            -    membentuk jaringan lokal yang disebut LAN
     2.    VGA card (video graphic adapter)
            -    VGA card dipasang pada slot PCI dan AGP
     3.    Card reader
            -    adalah alat yang digunakan untuk membaca memori flash. Seperti : MMC, SD, XD, Memori stick, compact flash.
     4.    Wireless network adapter
            -    Alat ini mempunyai fungsi yang sama dengan LAN
            -    Alatnya adalah hub wireless atau router wireless
     5.    Wireless router
     6.    PC camera
     7.    Modem (modulator demodulator)
     8.    Sound card
            -    Fungsingnya bisa menghasilkan gambar dan suara
     9.    TV tuner card
     10.  Capture card
            -    Fungsingnya bisa merekam gambar dari VCD / DVD / Handycam.
    
C.     Perbedaan media penyimpanan data magnetik, optik dan elektronik
-          Media penyimpanan data magnetik, ciri – cirinya : berbentuk pita/piringan magnetik. Contoh : zip drive magnetik tape dan harddisk.
-          Media penyimpanan data optik, ciri – cirinya : berbentuk piringan dengan teknologi laser optik. Contoh : CD, DVD.
-          Media penyimpanan elektronik, ciri – cirinya : komponen elektronik IC dan chip yang mudah dibawah kemana – mana.

D.    Merawat media penyimpanan
-          Jenis media magnetik seperti disket / floppy disk. Cara perawatannya : menyimpan disket pada kotak disk khusus agar terhindar dari debu dan hindari dari suhu panas/dingin.
-          Jenis optik (CD/DVD). Cara perawatannya : disimpan yang baik jangan sampai tergores sisi CD/DVD sebagai penyimpanan data.
-          Media penyimpanan elektronik IC. Cara perawatannya : jauhi dari suhu yang panas.
    






Tidak ada komentar:

Posting Komentar