BAB 2
FUNGSI DAN PROSES KERJA BERBAGAI PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
FUNGSI DAN PROSES KERJA BERBAGAI PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. PETA KONSEP
B. FUNGSI KOMPUTER DAN PERALATAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A.
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
- Macam – macam peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya yaitu
:
1.
Komputer
- Komputer adalah peralatan elektronika yang
mampu mengelolah data dan menghasilkan informasi.
- Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam
bentuk catatan dan menghasilkan makna
- Informasi adalah data yang sudah diolah,
dibentuk sesuai dengan keperluan tertentu.
2. Telephon
-
Kata telephon berasal dari kata tele (
jauh ) dan phone ( suara )
- Adalah alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya berupa suara.
- Di temukan oleh Alexander Graham Bell thn 1876 di Boston Massachusetts
- Pada bln September thn 2001 telphon dikembangkan oleh Antonio Meucci dari Italia
- Indonesia mempunyai 2 jaringan telphon nirkabel yaitu
> GSM ( global sistem for mobile telekomunikasi )
> CDMA ( code devision multiple access )
- Layanan internet pada telephon menggunakan :
> GPRS ( general pucket radio services ) kecepatannya 114 kbit/s
> UMTS ( universal mobile telekomunikasi sistem ) kecepatanya 384 kbit/s
> HSDPA ( high speed downlink pucket access ) kecepatanya 7,2 Mbit/s.
- Adalah alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya berupa suara.
- Di temukan oleh Alexander Graham Bell thn 1876 di Boston Massachusetts
- Pada bln September thn 2001 telphon dikembangkan oleh Antonio Meucci dari Italia
- Indonesia mempunyai 2 jaringan telphon nirkabel yaitu
> GSM ( global sistem for mobile telekomunikasi )
> CDMA ( code devision multiple access )
- Layanan internet pada telephon menggunakan :
> GPRS ( general pucket radio services ) kecepatannya 114 kbit/s
> UMTS ( universal mobile telekomunikasi sistem ) kecepatanya 384 kbit/s
> HSDPA ( high speed downlink pucket access ) kecepatanya 7,2 Mbit/s.
3. Radio
- Adalah
tehnologi yang membolehkan pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang
elektromagnetik.
- Ditemukan
oleh Nikolai Tesla tahun 1880
- Pada
tahun 1894 secara formal radio dikenalkan oleh orang Italia bernama Guglielmo
Marconi
- Cara
kerja radio adalah dari gelombang suara diubah menjadi gelombang
elektromagnetik oleh mikrophone dan penguat audio.
4. Telivisi
4. Telivisi
- Adalah alat penangkap siaran bergambar.
- Ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday thn 1831.
- Ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday thn 1831.
- Cara kerja telivisi adalah menerima gelombang
elektromagnetik dan mengubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa
kita dengar dan lihat.
5. Jaringan
A. Adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan
peralatan lainnya yang saling berhubungan.
B. Jaringan komputer berdasarkan fungsi dan media
transmisi :
1. Wireline adalah proses pengiriman informasi dengan perantara kabel.
- cara kerja : mengubah data digital menjadi data sinyal listrik kemudian dipancarkan
1. Wireline adalah proses pengiriman informasi dengan perantara kabel.
- cara kerja : mengubah data digital menjadi data sinyal listrik kemudian dipancarkan
ke tempat tujuan.
- kabel yang digunakan adalah
kabel coaxial, twisted pair, dan serat optik.
- kartu yang digunakan adalah
NIC/LAN.
- digunakan di ruangan / gedung.
> keunggulan : a. Transmisi data 10 – 100 Mbps
b. Waktu koneksi antar komputer cepat
c. Transmisi data berjalan lancar
d. Biaya peralatan terjangkau
> Kelemahan : a. Penggunaan terbatas
b. Waktu instalasi lama
c. Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan permanen
d. Biaya perawatan rutin
> keunggulan : a. Transmisi data 10 – 100 Mbps
b. Waktu koneksi antar komputer cepat
c. Transmisi data berjalan lancar
d. Biaya peralatan terjangkau
> Kelemahan : a. Penggunaan terbatas
b. Waktu instalasi lama
c. Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan permanen
d. Biaya perawatan rutin
e.
Sulit untuk berpindah tempat.
2. Wireless adalah proses
mengirimkan informasi dengan tanpa perantara kabel.
- cara kerja : mengubah data digital menjadi data sinyal elektromagnetik kemudian
- cara kerja : mengubah data digital menjadi data sinyal elektromagnetik kemudian
dipancarkan ke tempat tujuan.
- penghubung menggunakan gelombang radio, sinar
inframerah, bluetooth dan
gelombang mikro.
- Jaringan nirkabel digunakan didekolahan dan
universitas.
> Keunggulan : a. Mobilitas
b. Kecepatan instalasi cepat
c. Fleksibilitas tempat ( tempatnya fleksibel )
d. Pengurangan anggaran biaya
> Keunggulan : a. Mobilitas
b. Kecepatan instalasi cepat
c. Fleksibilitas tempat ( tempatnya fleksibel )
d. Pengurangan anggaran biaya
e. Kemampuan jangkaua
>
Kelemahan : a. Transmisi data 1 -2 Mbps
b. Transmisi yang berbeda dapat mengganggu satu sama
b. Transmisi yang berbeda dapat mengganggu satu sama
lain
c. Biaya peralatan
mahal
d. Waktu koneksi yang besar
e. Adanya masalah propagasi radio
d. Waktu koneksi yang besar
e. Adanya masalah propagasi radio
f. Keamanan data kurang terjamin
g. Sinyalnya terputus
– putus
3.
Modem adalah media elektronik untuk menghubungkan komputer dengan jaringan
internet.
Modem ada 3 macam :
Modem ada 3 macam :
1. Modem Dial – up ( modem telphon )
cara kerja : modem ini menggunakan jaringan wireline ( ISP ).
cara kerja : modem ini menggunakan jaringan wireline ( ISP ).
2. Cable Modem ( modem kabel )
cara kerja : menyerupai cara kerja network interface card ( NIC ) yang dipasang pada komputer LAN
cara kerja : menyerupai cara kerja network interface card ( NIC ) yang dipasang pada komputer LAN
3. Modem DSL ( digital subscriber line )
cara kerja : menggunakan jaringan kabel
telphon
4. Satelit adalah proses mengirimkan
informasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa
menggunakan konduktor kabel.
C.
Jaringan dengan satelit
1. Perkembangan
satelit
- Satelit 1-4 milik Inmarsat yang melayani komunikasi telephon
bergerak, faksimile, dan data hampir diseluruh permukaan bumi.
- Satelit Globalstar memiliki 48 satelit. Orbitnya disebut LEO
(low earth orbiting)
- Sebagian besar jaringan komputer menggunakan protokol
komunikasi TCP/IP yang terpusat di nic.mil daerah Palo Alto, pantai barat AS.
2. Cara
kerja satelit
- Cara kerja menggunakan sistem konvensional yaitu dengan
mengirimkan sinyal dari komputer dan direlai oleh satelit tanpa dilakukan
pemrosesan dalam satelit.
- Komponenen dasar dari transmisi satelit
adalah
1. Stasiun bumi, digunakan untuk mengirim dan
menerima data
2. Satelit, disebut dengan transponder.
- Jangkauan frekuensi satelit adalah
1. 4 – 6 giga herzt disebut C – Band
2. 12 – 14 giga herzt disebut Ku – Band
3. 20 giga herzt
- Kelemahan jaringan ini adalah keamanan
3. Internet
dengan satelit
- Kelebihan internet dengan satelit :
1. Jangkauan yang luas antar benua
2. Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan
tinggi
3. Pembangunan infrastukturnya relatif cepat
- Kekurangan internet dengan satelit :
1. Keamanan data kurang terjamin
2. Peralatan yang sangat mahal.
- Tiga komponen utama dalam konfigurasi VSAT :
1. Stasiun hub
2. Satelit
3. Terminal VSAT
D.
Jaringan komputer
-
Adalah sekumpulan komputer yang terhubung dan dapat berbagai sumber
daya yang dimilikinya.
-
Jaringan komputer berdasarkan teknologi transmisi :
1.
Jaringan broadcast
Jaringan ini
menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer / mesin
yang terhubung pada jaringan ini secara bersama – sama.
2. Jaringan point to point
Jaringan
ini terdiri atas beberapa komputer / mesin yang sering kali harus memiliki
banyak rute karena jaraknya berbeda.
-
Jaringan komputer berdasarkan area / luas wilayah / jarak :
1. Jaringan LAN ( Lokal Area Network )
- adalah
jaringan komputer yang masih berada dalam satu gedung / ruangan.
- Keuntungan :
- Kekurangan :
- Contoh
: jaringan di lab komputer dan kantor
2. Jaringan MAN ( Metropolitan Area Network )
- adalah
jaringan komputer yang mempunyai area kerja antar kota dalam satu provinsi.
- Keuntungan
:
- Kekurangan
:
- Contoh
: Jaringan BRI di kota Solo terhubungan dengan jaringan di kota Sukoharjo.
3. Jaringan WAN ( Wide Area Network )
- adalah
jaringan komputer yang ruang lingkupnya antar provinsi / negara.
- Keuntungan :
- Keuntungan :
- Kekurangan
:
- Contoh
: Jaringan bank ABN UMRO yang anak cabangnya di Indonesia.
4. Jaringan Intranet
- adalah
jaringan internet yang terdiri LAN dan WAN
yang di akses secara global
5. Jaringan Internet
- adalah gabungan jaringan LAN dan WAN yang berada di jaringan dunia
sehingga membentuk jaringan lebih luas.
-
Jaringan komputer berdasarkan topologi ( bentuk ) jaringan :
1.
Topologi
Jaringan Fisik adalah desain suatu jaringan komputer dengan melihat bentuk
nyata pada posisi dan letak kode komputer, antara lain jaringan :
a. Topologi Bus ( Linier )
- cara kerja : server dan client dihubungkan
pada sebuah kabel ( kabel koaksial )
- keuntungan :
- kelemahan :
- gambar :
b.
Topologi Ring ( Cincin )
- cara kerja : jaringan berhubungan membentuk
lingkaran
- keuntungan :
- kelemahan :
- gambar :
c.
Topologi Star ( Bintang )
- cara kerja : client dihubungkan ke server
menggunakan konsentrator
- keuntungan :
- kelemahan :
- gambar :
d.
Topologi Tree ( Hieracly )
- cara kerja : kombinasi antara topologi star
dan topologi bus, topologi bus sebagai punggung
- keuntungan : - kontrol managemen lebih mudah
- mudah dikembangkan
- didukung hardware dan software dari perusahaan
- mudah dikembangkan
- didukung hardware dan software dari perusahaan
- kelemahan :
- jika satu komputer rusak maka komputer lainnya ikut rusak
- tabrakan file
- memasang kabel sulit
- tabrakan file
- memasang kabel sulit
- gambar :
e.
Topologi Mesh ( Web )
- cara kerja : jaringan satu sama lain
menggunakan jalur ganda untuk Hub – Hub
utama sebagai jalur cadangan apabila ada masalah di jalur utama.
- keuntungan
- kelemahan :
- gambar :
2. Topologi
Jaringan Logika adalah desain jaringan komputer dengan melihat cara kerja
jaringan dalam mentransmisikan data
antar komputer. Antara lain jaringan :
a. Broadcast
cara kerja :
mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya / dari satu host ke
host lainnya dengan metode FIFO ( first
in first out ) yaitu data yang lebih dahulu masuk akan diproses lebih dahulu
sebelum data baru masuk.
b. Token passing
cara kerja :
semua data yang ditransmisikan dari komputer / host pengirim akan berputar
menempati semua komputer / host, ketika data memang diperlukan oleh komputer
penerima maka data akan diproses dan bila data bukan yang diperlukannya maka
komputer penerima / host akan mengabaikannya.
3. Topologi
Jaringan Fungsi adalah desain jaringan berdasarkan fungsi / kegunaannya
terutama terhadap fungsi pelayanan data. Antara lain jaringan :
a. Jaringan client
server
adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa komputer dan pada
salah satu komputer bertindak sebagai server dan yang lainnya sebagai client (
workstation )
b. Jaringan peer to peer
adalah jaringan yang terdiri dari
beberapa komputer di mana setiap komputer dapat bertindak sebagai server atau
bertindak sebagai client.
- Teknik jaringan sinyal dalam jaringan :
a. Teknik Baseband
adalah teknik dalam pengiriman sinyal digital dimana transmisi data
/ paket yang digunakan bersifat bidirectional yang digunakan pada
jangkauan pendek dengan topologi bus. Menggunakan kabel standar IEEE.
b.
Teknik
Broadband
adalah teknik
dalam pengiriman sinyal analog dengan frequensi division multiplexing ( FDM ). Menggunakan jaringan TV.
- Metode transmisi jaringan :
a. Unicast adalah metode transmisi satu ke satu
dalam suatu jaringan. Menggunakan metode IP.
b. Multicast adalah metode transmisi yang
digunakan untuk ke beberapa tujuan tetapitidak harus kepada semua host atau
komputer.
c. Broadcast adalah metode transmisi jaringan
yang dikenal dengan metode transmisi satu ke semua.
- Prinsip komunikasi
- Komunikasi adalah proses penyampaian pesan
dari seseorang kepada orang lain sehingga terjadi pengertian yang sama.
- Komunikasi data adalah transmisi data
elektronik melalui beberapa media.
- Jaringan komunikasi data adalah beberapa
peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang dihubungkan oleh beberapa
jenis saluran komunikasi sehingga menjadi suatu kesatuan yang tunggal.
- Fungsi sistem komunikasi data :
a. Memberikan informasi dengan tepat dan
akurat
b. Sistem komunikasi memiliki data lengkap
sebelum data tsb dibuat
c. Sistem komunikasi data memungkinkan semua
orang di daerah lain dapat saling berkomunikasi.
- Komponen dasar sistem komunikasi data :
a. Sumber komunikasi
b. Media komunikasi
c. Penerima (sink/host)
- 7 lapisan OSI :
a. Lapisan fisik, kabel listrik beserta
rumusan besaran elektrik lainnya
b. Lapisan link data, lapisan yang mengatur
arus bit antar peralatan komunksi
c. Lapisan jaringan, lapisan yang membawa
paket bit ke tujuan
d. Lapisan transport, lapisan yang menjamin
transportasi data
e. Lapisan sesi, lapisan yang menangani
persiapan,pengolaan,pemutusan antar aplikasi
f. Lapisan presentasi, lapisan yang menangani
pengubahan representasi data
g. Lapisan aplikasi, lapisan yang menangani
pengaksesan pemakai
- Protokol
jaringan komputer fisik :
1. Ethernet fungsinya untuk metode akses yg
disebut CSMA/ CD
2. Localtalk fungsinya untuk metode akses yg
disebut CSMA/ CD melalui port serial dan twisted poir
3. Token Ring menggunakan lingkaran token
seperti cincin
4. FDDI ( fiber distributed data interface )
adalah protokol jaringan dengan metode akses model token.
5. ATM ( asynchronous transfer mode ) adalah
protokol jaringan yang berbentuk gambar / video dan audio.
6. TCP / IP ( transmision control protocol /
internet protocol ) fungsinya mengawasi pengiriman data
7. IPX / SPX fungsinya untuk jaringan berskala
kecil / besar
8. UDP
( user datagram protocol ) fungsinya tidak melakukan pengecekan dalam
pengiriman data
9. Apple
talk fungsinya khusus menggunakan Apple Mac OS
10. FTP ( file transfer protocol ) fungsinya
untuk mentransfer file
11. POP ( post office protocol ) fungsinya untuk
mengambil file dari server
12. RIP ( routing informasi protocol ) fungsinya
untuk routing
13. DNS ( domain name service ) fungsinya untuk
memetakan alamat IP
14. MIME ( multipurpose internet mail extention )
fungsinya untuk mengirim file dalam bentuk teks
15. SMB ( server message block ) fungsinya untuk
mengirim file dalam bentuk Dos dan Windows
16. NFS ( network file sistem ) fungsinya untuk
sharing file
17. HTTP ( hyper text transfer protocol )
fungsinya untuk web browsing
18. NNTP ( network news transfer protocol )
fungsinya untuk mengirim dan menerima new group
19. DHCP ( dynamic host configuration protocol )
fungsinya untuk distribusi nomer IP
20. TELNET ( network terminal protocol )
fungsinya untuk remote login pengguna jaringan
21. SMTP ( simple mail transfer protocol )
fungsinya untuk mengirim e – mail
22. TFTP ( trivial FTP ) fungsinya untuk
mentransfer file dalam jaringan
23. SNMP ( simple network management protocol )
fungsinya untuk mengelolah jaringan
24. RPC ( remote procedure call ) untuk memanggil
jarak jauh
25. NETBIOS ( network basic input output sistem )
fungsinya untuk protocol standart dalam jaringan
26. SOCKET fungsinya untuk protocol yang
digunakan BSD – Unix
27. ICMP ( internet control message protocol )
fungsinya untuk menangani pesan dan menstabilkan jaringan.
28. ARP ( address resolution protocol ) fungsinya
untuk mendapatkan informasi hardware nomor IP
29. SLIP ( serial line internet protocol )
fungsinya untuk protocol sebagai sambungan port serial
30. PPP ( point to point protocol ) fungsinya
untuk protocol point to point
- Perangkat keras (hardware) jaringan
komputer :
a. NIC
- Ethernet card ( PC menggunakan kartu
ethernet )
- Localtalk connector
- Token ring card
b. Hub/konsentrator
c. Kabel
- Twisted pair (terbuat dari tembaga dengan
8 pasang)
- Koaksial
- Kabel fiber optik (kecepatan cahaya)
d. Konektor
- Straight cable (menghubungkan workstation
komputer dengan hub)
- Crossover cable (menghubungkan client
dengan client lainnya tanpa hub)
e. Repeater fungsinya sebagai penguat sinyal dari
kabel
f. Bridge fungsinya membagi sebuah jaringan
menjadi 2 jaringan
g. Router fungsinya menghubungkan jaringan LAN
dengan internet
- Perangkat lunak (software) jaringan
komputer :
a. NetMeeting fungsinya sebagai media komunikasi
dalam berkirim pesan dan mentransfer file
b. Fax Modem
c. E-mail
d. Chat
e. Net Send (dijalankan melalui command prompt,
jaringan LAN peer to peer)
f. mIRC fungsinya untuk komunikasi dalam jaringan
luas.
- Memilih IP Addres :
Kelas Kelas
|
Range
|
A
|
0
– 127
|
B
|
128
– 191
|
C
|
192
– 223
|
D
|
224
– 239
|
E
|
240
– 254
|
-
Konvergensi adalah kemampuan peralatan teknologi informasi yang
dapat digunakan pada berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
lainnya.
-
Fungsi komputer adalah
1. sebagai media informasi
2. sebagai media komunikasi
3. sebagai media transaksi
4. sebagai media hiburan
5. sebagai media Education
B.
Proses kerja komputer dan peralatan teknologi informasi dan
komunikasi
-
Proses kerja komputer mengalami siklus yaitu input – proses –
output secara berulang
-
Input yang diproses oleh komputer adalah bilangan biner yaitu
bilangan 0 dan 1
-
ISP adalah penyedia jasa layanan akses internet, diantaranya :
Indosatnet, telkomnet, wasantaranet, mynet, CBN dan linknet.
-
Layanan telkom disebut telkomnet@instan.
C.
Elemen sistem komputer
-
Hardware adalah peralatan komputer yang secara fisik terlihat dan
bisa dijamah
-
Software adalah program yang berisi intruksi/perintah untuk
melakukan pengolahan data
-
Brainware, ada 5 :
> Data entry tugasnya memasukkan data yang pekerjaannya berulang
– ulang. contoh kasir
swalayan
> Operator tugasnya memasukkan data dan mengolahnya hingga menjadi informasi. Contoh
> Operator tugasnya memasukkan data dan mengolahnya hingga menjadi informasi. Contoh
operator bagian
akuntansi
> Programmer tugasnya membuat program.
> Analisis sistem tugasnya menganalisis out put. Contoh konsultan web
> Computer engineer / maintenance tugasnya merawat dan menjaga mesin.
> Programmer tugasnya membuat program.
> Analisis sistem tugasnya menganalisis out put. Contoh konsultan web
> Computer engineer / maintenance tugasnya merawat dan menjaga mesin.
D.
Data, informasi dan siklus informasi
1. Data
dan informasi
- Data
adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan dan menghasilkan makna
- Informasi
adalah data yang sudah diolah, dibentuk sesuai dengan keperluan tertentu.
- Syarat
– syarat tentang informasi yang baik dan lengkap adalah
1.
Informasi harus tersedia (availability)
2.
Informasi harus mudah dipahami
3.
Informasi harus relevan
4.
Informasi harus bermanfaat
5.
Informasi harus tepat waktu, dll
- Cara
pengolaan informasi :
1.
Pengolaan informasi manual dengan sempoah
2.
Pengolaan informasi mekanis dengan mesin register
3.
Pengolaan informasi elektrik dengan kalkulator
4.
Pengolaan informasi elektronik dengan komputer
2.
Siklus informasi
DATA INFORMASI
INPUT PROSES OUTPUT
B.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
A.
Pengertian teknologi informasi dan komunikasi
-
Teknologi informasi adalah setiap rekayasa manusia berkaitan dengan
proses penyampaian informasi agar saling mempengaruhi
-
Teknologi komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses
penyampaian informasi agar lebih cepat sampai, luas jangkauan dan lama
penyimpanannya.
-
Teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu padanan yang tidak
terpisahkan yang
mengandung pengertian
luas,yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan pemindahan informasi
antarmedia.
B.
Sejarah perkembangan komputer
- Komputer berasal dari bahasa latin yaitu
computare artinya menghitung.
- Komputer ditemukan oleh John V. Atanasoff tahun 1942.
- Definisi komputer menurut ahli :
1. Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
- Komputer ditemukan oleh John V. Atanasoff tahun 1942.
- Definisi komputer menurut ahli :
1. Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
informasi input digital.
2. Jhon J. Longkutoy,
komputer adalah alat pengolah data tetapi penanganannya harus
ditangani oleh ahlinya.
3. Fuori, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar
3. Fuori, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar
secara cepat, termasuk
aritmatika dan logika tanpa campur tangan manusia.
4. Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas
4. Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas
yaitu menerima input,
memproses input, menyimpan dan menyediakan out put dalam
bentuk informasi.
-
Penemuan yang berperan terhadap
perkembangan komputer :
1.
Abacus
- Abacus sebagai alat hitung manual pertama di
dunia
- Abacus ditemukan sekitar 5000 thn yang lalu
- Abacus awalnya berasal dari mesir
- Abacus juga disebut dengan sempoah
2. Pascaline
-
Ditemukan oleh Blaise pascal thn 1623 – 1662 ( ahli filosofi dan
matematika )
- Alat ini dinamakan pascaline karena
menggunakan roda penghitung untuk
menjumlahkan suatu bilangan
- Kelemahan alat ini adalah apabila rusak
tidak dapat diperbaiki.
3.
Difference Engine
- Ditemukan oleh Charles Babbage thn 1792 –
1871
- Alat ini ditemukan pada waktu babbage
menganalisis analytical engine
4. Punched Card
- Ditemukan
oleh Joseph – Marie Jacquard thn 1752 – 1834 kebangsaan Perancis
- Awalnya
berupa alat tenun ditemukan thn 1801
- Punched
card disebut juga dengan kartu berlubang
- Programmer
pertama adalah Lady Ada Augusta Lovelace
5. Hollerith
(pemroses data otomatis)
- Ditemukan
oleh Hollerith thn 1890 ( ahli statistik )
- Perusahaan
yang didirikan oleh Hollerith adalah Tabulating Machine Company
- Pada
thn 1911 Tabulating Machine Company diganti namanya menjadi
Computing-Tabulating-Recording Company
6.
Electromechanical accounting machine
- Computing-Tabulating-Recording
Company menemukan printer yaitu lister.
- Pada
thn 1924 Computing-Tabulating-Recording Company diganti namanya menjadi
International Business Machine Corporation (IBM)
- Produk
EAM ( electromechanical accounting machine ) yaitu punch card, verifier,
reproducer, summary punch, interpreter, sorter, collator, calculator dan mesin
akunting.
- Alat
pengolah data sejak zaman purba sampai sekarang ada 4 yaitu
1. Peralatan manual yaitu peralatan pengolahan
data yang sangat sederhana, dengan
menggunakan tenaga tangan manusia sebagai faktor utamanya
2. Peralatan
mekanik yaitu peralatan yang digerakan dengan tangan secara manual, peralatan
dalam bentuk mekanik
3. Peralatan
mekanik elektronik yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh
motor elektronik
4. Peralatan
elektronik yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik seluruhnya.
- Penggolongan komputer berdasarkan data
yang diolah, penggunaan, kapasitas dan generasinya adalah
1. Komputer
berdasarkan data yang diolah :
a. Komputer
analog yaitu komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan keadaan
fisik.
b. Komputer
digital yaitu komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan dalam
kondisi benar dan salah dengan
menggunakan bilangan binary.
c. Komputer
Hibrid yaitu hasil penggabungan sistem komputer analog dengan komputer
digital.
2.
Komputer berdasarkan penggunaanya :
a. Komputer untuk tujuan
khusus
misalnya
komputer pada rumah sakit, komputer pada alat kedokteran, dll
b. Komputer untuk tujuan umum
b. Komputer untuk tujuan umum
misalnya PC
3.
Komputer berdasarkan kapasitas dan ukuranya :
a. Komputer
mikro, komputer yg digunakan untuk memenuhi kebutuhan personal dalam
memproses data.
b. Komputer mini, komputer yg kapasitasnya lebih unggul dari komputer mikro.
c. Komputer kecil
d. Komputer menengah
e. Komputer besar
f. Komputer super, komputer yg memiliki kecepatan dan kemampuan menyimpan data
b. Komputer mini, komputer yg kapasitasnya lebih unggul dari komputer mikro.
c. Komputer kecil
d. Komputer menengah
e. Komputer besar
f. Komputer super, komputer yg memiliki kecepatan dan kemampuan menyimpan data
yang sangat tinggi
4.
Komputer berdasarkan generasinya :
a.
Komputer generasi pertama (1946 - 1959)
-
Komponennya terbuat dari vacuum tubes, ukurannya besar
- Beberapa
komputer pada generasi ini :
1.
Komputer Z3 diciptakan oleh Konrad Zuse thn 1941, digunakan untuk
mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
2.
Komputer Collosus diciptakan thn 1943 di Inggris, digunakan untuk
memecahkan kode rahasia.
3.
Komputer Kalkulator Elektronik diciptakan oleh Howard Aiken.
4.
Komputer Mark I yaitu komputer relai elektronik.
5.
Komputer ENIAC (electronik numerical integrator and computer)
diciptakan oleh John Presper Eckert (1919 – 1995) dan John W. Mauchly (1907 –
1980), komputer ini terdiri 18.000 tabung, 70.000 tesistor, dan 5 juta titik
solder.
6.
Komputer EDVAC (electronik discrete variable automatic computer)
diciptakan oleh John Von Neumann (1903 – 1957), komputer ini menggunakan memori
untuk menampung data dan program.
7.
Komputer UNIVAC I (universal automatic computer I) diciptakan oleh
Remington Rand.
b.
Komputer generasi kedua (1959 - 1964)
- Komputer
generasi ini ditandai dengan menggunakan transistor, bentuknya kecil, lebih
cepat dan lebih hemat biaya thn 1956.
- Beberapa
komputer generasi ini :
1. Komputer Stretch dibuat oleh perusahaan IBM.
2. Komputer LARC dibuat oleh Sprery – Rand.
3. Komputer 1620 dan 1401 dibuat oleh
perusahaan IBM.
-
Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan –
singkatan untuk menggantikan kode biner.
-
Bahasa pemrograman yang muncul adalah bahasa COBOL dan FORTRAN
c.
Komputer generasi ketiga (1964 - 1970)
- Komputer
ini menggunakan IC (integrated circuit) dan Semikonduktor.
- Beberapa
komputer generasi ini :
1. Komputer PC – XT
2. Komputer PC – AT 286, 386
d.
Komputer generasi keempat (1979 - sekarang)
- Komputer ini sudah dilengkapi dengan teknologi LSI
(large scale integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam
sebuah chip. Teknologi VLSI (very large scale integration) yang mampu
menyatukan ribuan komponen dalam sebuah chip. Teknologi ULSI (ultra
large scale integration) yang mampu menyatukan jutaan komponen dalam
sebuah chip.
- Bentuk
komputer ini sangat kecil. Contohny PC.
- Beberapa
komputer generasi ini :
1. Komputer PC – AT 486
2. Komputer Pentium, Pentium II, Pentium III,
Pentium IV
3. Komputer Athlon
4. Komputer AMD K6
5. Komputer Pentium Mobile
6. Komputer Core Solo, Core Duo, Core 2 Duo,
Core 2 Quad
e.
Komputer generasi kelima
- Komputer
generasi ini dapat menyelesaikan lebih dari satu tugas pada satu masa.
- Komputer
ini dapat bertindak dengan mengeluarkan suara melalui sebuah mikrofon yang
dinamakan kecerdasan buatan.
- Beberapa
komputer generasi ini :
1. Robot Asimo
2. Komputer
fiksi HAL 9000 (dari novel karya Arthur C. Clarke, berjudul “2001: Space
Odyssey”)
- Nama
lembaga pada komputer generasi ini adalah ICOT (institute for new computer
technologi)
C.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
A. Diagram
komputer secara umum
-
Komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari : keyboard, CPU,
monitor dan printer.
-
Diagram komputer :
Peralatan
Input :
· Keyboard
· Mouse
· Scanner
· Kamera digital,dll
|
Peralatan
Pemrosesan :
· CPU
· CU
· ALU
· Memori
|
Tempat
Penyimpanan :
· Harddisk
· Disket
· CD/DVD
|
Peralatan
Output :
· Monitor
· Printer
· Plotter
· Speaker
|
B. Perangkat
keras dan fungsinya
-
Komponen dalam komputer (komputer berdasarkan fungsinya) :
1.
Input devices yaitu perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada
sistem komputer.
- Macam
– macam Input Devices :
a. Keyboard
- Keyboard
berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus sebagai media user.
- Diciptakan
oleh Christopher Latham thn 1868 – 1887 diproduksi oleh perusahaan Remington.
- Pada
thn 1973 keyboard Qwerty menjadi keyboard Standar ISO.
- Jenis
keyboard : Qwerty, Dvorak, Klockenberg
- Keyboard
Qwerty ada 4 :
1. Typewriter key (tombol alfabet dan tombol lainnya)
2. Numeric key (tombol angka dan arrow key (anak panah))
3. Function key ( tombol F1 – F12 )
4. Special function key ( tombol Ctrl, Shift dan Alt )
b. Mouse
c. Touchpad (pointing stick dan trackball)
d. Light
pen : pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar
dengan screen.
e. Joystick dan games paddle
f. Bercode
g. Scaner
h. Kamera digital
h. Kamera digital
i. Microphone dan headphone
j. Graphics Pads
2. CPU devices yaitu pusat
pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data.
- Macam
– macam CPU devices :
a. ALU
(aritmatika logical unit) fungsinya memproses data angka dan logika
- Operator logika yaitu
·
Sama dengan (=)
·
Tidak sama dengan (< >)
·
Kurang dari (<)
·
Kurang atau sama dengan dari (< =)
·
Lebih besar dari (>)
·
Lebih besar atau sama dengan dari (> =)
b. CU
(control unit) fungsinya mengontrol proses pada komputer
- Tugas dari CU adalah
·
Mengatur dan mengendalikan alat input dan output
·
Mengambil instruksi dari memori utama
·
Mengambil data dari memori utama
·
Mengirim instruksi ALU
·
Menyimpan hasil proses ke memori utama
c. Memory
fungsinya untuk menyimpan data pada proses aplikasi program
d. Motherboard
yaitu papan sirkuit elektronik CPU
e. Peralatan proses (Prosesor, Register, Cache memory, ROM)
e. Peralatan proses (Prosesor, Register, Cache memory, ROM)
3. Strorage devices yaitu
perangkat yang berfungsi sebagai penyimpan data dan penyimpan
hasil
pemrosesan CPU.
- Macam – macam Storage
devices :
a. Memori Internal :
- ROM ( read only memori ) fungsinya penyimpanannya permanen
- RAM ( random acces memori ) fungsinya penyimpanannya tidak permanen
b. Memori Eksternal
- Harddisk (120 GB)
- CD – ROM (650 – 700 MB)
- DVD – ROM (4,7 GB)
- Floppy disk (1,44 MB)
- Flashdisk (32 MB – 4 GB)
- Flash memori
- Perhitungan satuan byte :
a. Memori Internal :
- ROM ( read only memori ) fungsinya penyimpanannya permanen
- RAM ( random acces memori ) fungsinya penyimpanannya tidak permanen
b. Memori Eksternal
- Harddisk (120 GB)
- CD – ROM (650 – 700 MB)
- DVD – ROM (4,7 GB)
- Floppy disk (1,44 MB)
- Flashdisk (32 MB – 4 GB)
- Flash memori
- Perhitungan satuan byte :
a. 1 byte = 8 bit
b. 1 kilo byte =
1024 byte
c. 1 mega byte =
1024 kilo byte
d. 1 giga byte =
1024 mega byte
e. 1 terra byte =
1024 giga byte
f. 1 peta byte =
1024 terra byte
Bila harddisk berukuran 40 GB, berapa kilo byte kah
harddisk tsb ?
40 x 1024 x 1024 = 41.943.040 kilobyte
|
4. Out put devices yaitu perangkat
pelengkap komputer untuk menampilkan dan
mengeluarkan hasil proses kerja komp.
- Macam – macam out put devices :
a. Monitor
a. Monitor
1. Monitor
CGA (resolusi rendah, 4 warna)
2. Monitor
EGA (16 warna)
3. Monitor
EPGA (256 warna, disebut monitor PEGA)
4. Monitor
VGA (digunakan sekarang ini, jutaan warna)
5. Monitor
LCD (disebut soft copy)
b. Printer
b. Printer
- Printer dibagi 3 :
1. Dot matrix : printer yang proses
pencetakanya menggunakan jarum dan biasanya menggunakan pita. Contoh : epson
LX-300, epson LX-800.
2. Ink jet : printer yang proses
pencetakanya cepat dan menggunakan tinta dengan cara disemprot. Contoh :
HP-Deskjet, Bubble jet.
3. Laser jet : printer mirip mesin
foto copi. ( ciri : menggunakan tinta toner, mempunyai kecepatan tinggi, suara
tidak bising)
- Printer berdasarkan alat mekanik :
1. Impact ( menggunakan jarum, pita karbon.
Contoh : daisy wheel printer, chain printer, band printer, dan drum printer )
2. Non impact ( menggunakan mekanik yaitu
menyemprot. Contoh : printer laser dan ink-jet).
c. Speaker
d. Plotter yaitu printer besar
5. Periferal (perangkat
tambahan)
1. LAN
card
- disebut
juga dengan NIC
- membentuk
jaringan lokal yang disebut LAN
2. VGA
card (video graphic adapter)
- VGA
card dipasang pada slot PCI dan AGP
3. Card
reader
- adalah
alat yang digunakan untuk membaca memori flash. Seperti : MMC, SD, XD, Memori
stick, compact flash.
4. Wireless
network adapter
- Alat
ini mempunyai fungsi yang sama dengan LAN
- Alatnya
adalah hub wireless atau router wireless
5. Wireless
router
6. PC
camera
7. Modem
(modulator demodulator)
8. Sound
card
- Fungsingnya
bisa menghasilkan gambar dan suara
9. TV
tuner card
10. Capture
card
- Fungsingnya
bisa merekam gambar dari VCD / DVD / Handycam.
C. Perbedaan
media penyimpanan data magnetik, optik dan elektronik
-
Media penyimpanan data magnetik, ciri – cirinya : berbentuk pita/piringan
magnetik. Contoh : zip drive magnetik tape dan harddisk.
-
Media penyimpanan data optik, ciri – cirinya : berbentuk piringan
dengan teknologi laser optik. Contoh : CD, DVD.
-
Media penyimpanan elektronik, ciri – cirinya : komponen elektronik
IC dan chip yang mudah dibawah kemana – mana.
D. Merawat
media penyimpanan
-
Jenis media magnetik seperti disket / floppy disk. Cara
perawatannya : menyimpan disket pada kotak disk khusus agar terhindar dari debu
dan hindari dari suhu panas/dingin.
-
Jenis optik (CD/DVD). Cara perawatannya : disimpan yang baik jangan
sampai tergores sisi CD/DVD sebagai penyimpanan data.
-
Media penyimpanan elektronik IC. Cara perawatannya : jauhi dari
suhu yang panas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar